Wednesday, June 3, 2009

Proses Menyapih Rara

Usia Rara bulan ini 1thn 11bln. Nga berasa, 1 bulan lagi usia Rara akan 2 tahun. Rencananya bunda akan menyapih Rara di usia 2 tahun. Tapi belum ada ide akan menyapih dgn cara apa. Kalau dipikirkan bs sutris deh. Rara menyusui hanya pada saat ngambek atau saat akan tidur. Salahnya, bunda dulu membiarkan Rara nen sampai tertidur dgn posisi masih nemplok ma Bunda. Jadi nen nya malah di jadikan mpeng buat bobo. Herannya kalo bunda pulang malam lewat jam tidur Rara, bisa aja tuh Rara tidur ma Eyang Uti (tp sambil di gendong).

Tgl 16 May yang lalu, bunda di rawat di RS. Awal masuk baru gejala DB. Tapi mau nga mau bunda dirawat karena nga bisa makan n minum. Setiap di isi makan ato minum pasti keluar lg. Ditambah demam yg sudah 3 hari sepertinya nga turun2. Akhirnya benar saja, bunda memang DB. Seminggu sudah bunda di rawat. Selama bunda di rawat, Rara full di pegang Eyang Uti. Akhirnya bunda bisa pulang di hari ulang tahun bunda, tgl 23 May :).

Bunda putuskan untuk sekalian menyapih Rara. Tadi nya sempet mo dikasih jamu yg pait itu tuh atas saran Eyang Uti. Akhirnya nga jadi, kata Eyang Uti kasian Rara. Karena paitnya bertahan lama, takutnya akan mempengaruhi selera makan dan minum Rara karena rasa pahit itu. Akhirnya bunda putuskan untuk tidak di kasih sama sekali. Kalau minta di alihkan ke yang lain, atau di kasih pengertian kenapa Bunda nga bisa nen-in Rara. Penuh perjuangan banget... Awal2 Rara masih sering minta nen ke Bunda, apalagi kalau sudah ngantukss. Tapi bunda kekeh nga kasih. Sempet nga tega juga sih, pengen nya ngasihhh aja. Tapi nanti jadinya Rara malah bingung bundanya nga konsisten. Akhirnya nga di kasih sama sekali. Sempat begadang beberapa malam, Rara masih suka terbangun di tengah malam atau subuh minta nen. Nga tanggung2 minta nen nya sampai nangis2 histeris :D. Segala cara dilakukan Ayah n Bunda supaya Rara bisa tenang. Dari yang pelang, sampai yg keras (maaf yah nak). Sempet di pagi buta Rara tidak berhenti nangis, mungkin hampir setengah jam. Bunda juga pengen nangis nak liat kamu begitu :(.

Alhamdulillah sekarang Rara sudah nga pernah minta Nen lagi ^_^. Kebiasaan bangun malam sambil nangis nya masih ada tapi sudah tidak sering. Kalau diperhatiin sih rewel nya Rara tengah malam karena lapar (suka nga mau minum susu sebelum tidur) atau karena siang nya cape. Mudah2an tidak mempengaruhi psikologis nya Rara yah dengan cara menyapih seperti itu. Para Mommy yang lain ada yg mau sharing nga menyapih yg benar bagaimana.

Say thanks dulu ahh....
Buat Ayah yang mau ikut2an begadang gantian gendong Rara kalau Rara kebangun tengah malam.
Buat Eyang Uti yang udah ikhlas jaga Rara saat bunda di rumah sakit dan kerja.
Buat Eyang Akung yang suka digangguin Rara waktu nonton TV. Gara2 Rara mau nonton teletubbies ato barney
Buat Rara yang sudah mau disapih walaupun sempet mandi airmata berhari-hari.
Luv You All.... So much.... ^_^

4 comments:

ciwir said...

salam kenal bunda

Ade said...

horeeee.. selamat yaa Rara dah lulus ASI :-)

entik said...

salut dewh buat bunda yang berhasil menyapih rara. Rara juga hebat eui..
Ikhsan juga dah ga nenen lagi.., dan aaku awalnya belum mau nyapih tapi malah ikhsannya sendiri yang ga mau jadi ya malah gampang

Maya said...

@ciwir : salam kenal juga :)
@ade : iyah alhamdulillah
@entik : pengen nya sih kaya Ikhsan. Sayangnya saya nda seberuntung ituh...